Jumat, 07 Juni 2013

Bubur Jagung



Saya termasuk salah satu orang yang sangat menggemari makanan  " bubur jagung " , rasa manis yang pas dengan penuh cita rasa yang berlimpah membuat setiap orang ingin mencicipi rasanya. Disini, rasa penasaran akan resep untuk membuat bubur jagung ini membuat saya terkadang ingin mencobanya sendiri. Mulailah saya mencari melalui goggle dan menemukan sebuah resep untuk bubur jagung tersebut. Tak ada salahnya mencoba membuat makan ini sendiri dirumah. Selamat membaca dan Selamat mencoba :)

Resep Bubur Jagung :


bahan-bahan yang digunakan adalah ;

3 tongkol jagung manis ( di sisir ),
125 gr sagu mutiara ( direbus matang,tiriskan lalu rendam dari air dingin kulkas lalu tiriskan lagi ),
150 gr gula merah,
1L air,
50gr gula pasir,
2 lbr daun pandan wangi ( robek & simpulkan ),
2 sdm tepung maizena & 3 sdm tepung sagu (di cairkan dengan air dingin) ini bisa pake tepung sagu semua.fungsinya buat pengental,
60 ml santan instan (bisa menggunakan santan Kara),
50 gr susu bubuk (di cairkan)
garam secukupnya

Cara membuat ;

Rebus air hingga mendidih, setelah mendidih masukkan gula merah & pasir,daun pandan. Masak sampai gula larut. Lalu masukkan jagung manis sisir. Aduk rata,tunggu sampai setengah matang. Masukkan sagu mutiara,aduk rata lalu masukkan santan,aduk rata. Masukkan larutan tepung sagu,aduk.Setelah meletup/mendidih lg masukkan susu & garam. Setelah memiliki rasa yang pas matikan api.

*Catatan : Bubur ini ketika panas memang agak cair, tapi setelah dingin akan mengental.Rasanya manis,gurih & krenyes2 dari jagungnya. Kalo untuk anak kecil jagungnya bisa di cincang kasar. Pilihlah jagung yg segar & tidak terlalu tua. 

*Tambahan : saya memberikan tambahan buah nangka ke dalam bubur jagung tersebut untuk memberikan kelezatan serta mempercantik bubur. Dan untuk memberikan rasa yang lebih gurih anda bisa memanfaatkan keju untuk topping nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar