Kamis, 09 Juni 2011

manusia dan tanggung jawab

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.

Tanggung Jawab adalah sebuah keadaan yang wajib menanggung segala sesuatu yang telah kita perbuat. Pada dasarnya tanggungjawab ini bersifat kodrati yang artinya sudah merupakan bagian hidup dan tidak dapat dipisahkan dari manusia., dan setiap manusia pasti dibebani oleh tanggung jawab. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab biasanya ada pihak lain yang memaksa orang itu untuk menjalani tanggung jawabnya. Jadi pada dasarnya tanggung jawab itu biasanya melibatkan dua pihak yang pertama adalah yang berbuat dan yang lainya yang mengingatkan jika orang itu lari dari tanggung jawabnya.

Jadi pada dasarnya tanggung jawab adalah sesuatu yang harus dipenuhi atau dipikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian pada pihak lain. Tanggung jawab adalah ciri dari manusia yang beradab. Manusia yang bertanggung jawab pasti menyadari bahwa ada akibat dari perbuatan yang baik ataupun buruk. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab diperlukan adanya ketauladanan, pendidikan, serta takwa kepada Tuhan.


Macam-macam Tanggung jawab:

  • Tanggung jawab terhadap diri sendiri
  • Tanggung jawab terhadap keluarga.
  • Tanggung jawab terhadap masyarakat.

  • Tanggung jawab terhadap bangsa/negara.


  • Tanggung jawab terhadap tuhan.





 Setiap manusia harus memiliki sebuah tanggung jawab, karena dengan rasa tanggung jawab manusia akan menjadi disiplin, contoh kita berkerja pada suatu perusahan tertentu dan kita di tugaskan untuk menangani suatu pekerjaan yang kita mampu, maka kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita kerjakan, seperti menyelesaikan pekerjaan sesuai batas waktu permintaan, bahkan jika pekerjaan gagal maka kita harus bertanggung jawab juga untuk menerangkan kenapa pekerjaan bisa gagal.
Lalu tanggung jawab juga amat sangat penting dalam berkeluarga atau berumah tangga karena jika suatu pria dalam keluarga selain sebagai kepala rumah tangga, seorang pria juga mempunyai tanggung jawab besar dalam keluarga, karena seorang pria akan menjadi tulang punggung keluarga , dan tanggung jawab seorang pria harus menafkahi atau mencari uang untuk kehidupan keluarga, maka mau tidak mau seorang pria harus mau berkerja untuk mencari uang untuk menghidupi keluarganya.
Dan yang paling penting tanggung jawab kita sebagai manusia bagi orang islam adalah bersyukur dan menyembah kepada Allah swt, karena Allah swt yang telah menciptakan kita, oleh karena itu kata dari MANUSIA yang menurut saya berkepanjangan adalah Mengemban AmaNat Untuk Selalu Ingat Allah..
Maka dengan adanya tanggung jawab kita bisa lebih disiplin dan teliti dalam menangani suatu masalah ataupun pekerjaan yang kita kerjakan, oleh karena itu setiap manusia harus memerlukan rasa tanggung jawab untuk kehidupan yang sejahtera dan kita harus menerapkan rasa tanggung jawab itu pada kehidupan sehari-hari.


URL :


             




Tidak ada komentar:

Posting Komentar